Senin, 15 Juni 2009

Encrypting File System (EFS)

Encrypting File System (EFS) merupakan sebuah teknologi yang dipergunakan pada Windows 2000 untuk menyimpan banyaknya file NTFS yang telah dienkripsi ke dalam disk dan melindunginya dari user yang tidak sah.

Encrypting File System (EFS) merupakan suatu kunci publik di dalam Data Enkripsi Standart (DES) yang berjalan pada Windows 2000, layanan ini mudah digunakan oleh para user. EFS secara otomatis akan menghasilkan data yang telah dienkripsi, pasangan kunci untuk user logged out, jika user belum keluar dari suatu sistem. Kunci privat user disimpan dalam suatu suatu direktori yang aktif digunakan untuk deskripsi dan enkripsi file yang ada.

Setiap kali suatu file atau folder yang dienkripsi menghasilkan kunci yang random (acak) kunci yang digunakan oleh user adalah kunci publik dan kunci tidak disimpan dalam memory.
Untuk mengakses suatu file yang telah dienkripsi dalam suatu format NTFS, user harus memenuhi syarat :

  • Mempunyai kunci private untuk file
  • Sudah memiliki ijin untuk share file yang di-enkripsi
  • Telah melakukan register

Enkripsi dan deskripsi suatu file atau folder dalam format NTFS dapat dipecahkan dari prompt perintah dengan menggunakan perintah cypher tersebut. Tetapi EFS tidak dapat dijalankan dalam format FAT32.

Tidak ada komentar: